Total Tayangan Halaman

Selasa, 28 September 2010

Sejarah Perkembangan Komputer

Perlu diketahui bahwasannya perkembangan komputer tidak lepas dari perkembangan mesin perhitungan, mesin ini telah ada sejak abad 17 dan ditemukan oleh Blaise Pascal, ketika itu Pascal melihat ayahnya bekerja terlalu keras, sehingga ia menciptakan mesin yang berguna untuk mempermudah pekerjaan ayahnya.

Namun seiring waktu, mesin penghitung dinilai sangatlah berarti untuk penghitungan cara cepat hinga akhirnya terbentuklah keinginan untuk menciptakan benda tersebut lebih canggih lagi, ketika akhir perang dunia kesatu (1914-1918) timbul penciptaan mesin hitung yang memiliki kesalahan yang dibilang amat kecil guna membuat persenjataan yang lebih canggih.

KOMPUTER GENERASI PERTAMA

Awal mula komputer diciptakan adalah demi keperluhan perang dunia kedua (1939-1945), oleh tentara Amerika Serikat dan bahkan oleh NAZI, mesin-mesin ini dibuat untuk membuat sandi bahkan penghitungan senjata, namun ketika akhir PD 2 berakhir ilmuwan Amerika John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980) menciptakan komputer pertamanya yaitu ENIAC, namun dengan bodi ENIAC yang besar, komputer ini mengkonsumsi energi hampir 160kWH, dan komponennya terbuat dari tabung vakum dan softwarenya menggunakan bahasa mesin. Selain ENIAC, komputer generasi pertama jugaada diantaranya : MARK 1, EDIVAC, UNIVAC, dan HARVARD MARK 2.

KOMPUTER GENERASI KEDUA

Pada tahun 1948 telah ditemukan transistor, oleh sebab itulah komponen dasar dari barang elektronik menjadi lebih kecil dari pendahulunya, sama halnya komputer. Tidak banyak ilmuwan yang berperan dalam perkembangan ini, karena semua diambil alih oleh sebuah perusahaan pencipta alat hitung, seperti IBM. IBM menciptakan IBM 1600 dimana kapasitas memorinya lebih besar dari komputer generasi pertama, kemudian ketika tahun 1960-an komputer menjadi barang yang digunakan untuk mengurusi perbisnisan dan lainnya, bahasa yang digunakan adalah bahasa tingkat tinggi yaitu COBOL dan FORTRAN.

KOMPUTER GENERASI KETIGA

Pada generasi kali ini komponen utama dalam penggunaan komputer dialihkan ke sistem yang dinamakan IC (integrated circuit) yang ditemukan oleh Jack Kilby dengan menggabungkan beberapa transistor menjadi satu bagian, namun kapasitas memoripun lebih besar dibandingkan generasi kedua, bahasa yang digunakanpun masih sama.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT

Seperti yang diketahui, komputer generasi sebelum ketiga masih amat kecil kecepatan dan banyak mengkonsumsi energi, namun pada generasi keempat inilah revolusi dalam perkembangan komputer yang sesungguhnya, karena dengan adanya rangkaian IC, ditemukanlah Large Scale Integration (LSI)dengan bahasa pemrograman yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, kemudian pada tahun 1980 ditemukan rangkaian Very Large Scale Integration (VLSI) kemudian diciptakan lagi akhir tahun 1980-an yaitu Ultra-Large Scale Integration (ULSI)dimana IBM dan perusahaan lainnya menciptakan komputer demi kepentingan sendiri, nama komputer ini adalah PC (personal computer, dengan storage yang lebih besar dan lebih cepat prosesnya dan hemat energi, contohnya IBM PC 486, Intel PENTIUM 1, PENTIUM 2, dan dipertengahan tahun 1990-an diciptakan PENTIUM 3.

KOMPUTER GENERASI KELIMA

Generasi komputer inilah yang saat ini kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari kita, baik itu dalam perkantoran maupun lainnya, komponen yang digunakan masih ULSI namun bahasa pemrogramannya adalah artificial intelligence atau AI, dimana komputer ini bisa berpikir dengan sendirinya dan storagenya lebih besar satu juta kali dari generasi pertama, dan mungkin pada generasi ini telah terjadi revolusi dari komputer PC menjadi AI yang digunakan pada sistem operasi robot.

Nah itulah sejarah perkembangan komputer dari generasi kegenerasi, padahal dulu komputer sangatlah besar bentuknya, namun sekarang ada yang berbentuk PDA untuk mengerjakan sesuatu hal yang sangat merepotkan, karena bentuknya yang kecil dan praktis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar