Total Tayangan Halaman

Senin, 03 Januari 2011

Sejarah Linux

Mungkin dalam ilmu komputer ada banyak operation sistem atau sering disebut OS, contohnya yaitu Microsoft, DOS, Mac, Linux dll. Dari beberapa operation sistem ada yang memiliki kelebihannya masing-masing diantaranya Linux.

Linux pertama kali diciptakan pada tahun 1991 oleh nama penemunya yaitu Linus Torvald, hal ini dikarenakan oleh proyek GNU yang direncanakan oleh presiden UNIX system dan penemu OS UNIX yakni Richard Stallman pada tahun 1984.


gambar 1 Richard Stallman

Awal mula diadakannya proyek ini dikarenakan untuk membuat sistem program UNIX lebih bagus dan lebih hebat dibandingkan beberapa merek OS lainnya. Pertama-tama Stallman membuat beberapa program dalam OS tersebut contohnya: penulisan, perhitungan database, windowing system, dan beberapa hal tentang pengamanan data, pada tahun 1990-an seluruh perancang tersebut telah selesai, namun ada kendalanya yakni beberapa bagian kecil tidak terselesaikan oleh Stallman, sehingga data OS tersebut tidaklah sempurna seperti yang diinginkannya (karena pada tahun tersebut beberapa bahan penting masih belum ditemukan), kemudian pada tahun 1991 Linus Torvald menyempurnakan beberapa bagian yang dikiranya masih ada kesalahan, sehingga terciptalah program OS Linux.

itulah beberapa cerita menarik tentang sejarah terciptanya Linux, tidak banyak kelebihan Linux pada waktu itu karena pada tahun 1994 pihak Mac telah mengeluarkan OS terbarunya, sehingga pemakaian Linux mulai turun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar